Home

Rabu, 04 November 2009

Pemalas yang Rajin



Malas dan rajin adalah sebuah anonim yang menerangkan sifat dan perilaku manusia. Sifat pemalas menerangkan bahwa seseorang yang lambat, lamban, sulit digerakkan, suka menunda-nunda, sulit termotivasi, psikomotorik yang rendah atau yang lebih ekstrim lagi adalah orang yang kurang suka bekerja sedangkan sifat yang rajin menandakan seseorang yang giat, bergerak cepat, kuat, termotivasi dan terinisiatif tersendiri, senang bekerja dan cenderung tidak bisa diam.

Saya sendiri merupakan perpaduan antara kedua sifat tersebut. Sisi pemalas yang melekat dalam diri saya adalah sulit digerakkan dan suka menunda-nuda sedangkan sisi rajin yang melekat dalam diri saya adalah tidak bisa diam dan cenderung bekerja dengan cepat sedangkan point-point yang lain cenderung kurang melekate dalam diri saya.

Di kalangan teman-teman saya, saya dikenal sebagai seorang yang pemalas dan kurang termotivasi karena perilaku saya cenderung sulit digerakkan dan dapat diibaratkan sebagai seorang yang memiliki kaki dan tangan yang lemas, namun mereka tidak mampu memandang rendah terhadap saya karena saya mampu membuktikan kepada mereka bahwa walaupun saya telah dikenal sebagai seorang pemalas namun saya adalah dapat menjadi seorang yang rajin dan mempunyai banyak kemampuan dan prestasi dengan menjadi seorang psikosin (psikolog dan sinshe) dan memiliki praktek sendiri.

Secara pribadi, saya mengakui bahwa saya adalah seorang yang agak malas karena senang tidur, kurang suka bekerja dan mempunyai fisik yang agak lamban namun di sisi lain jika saya mempunyai niat dan motivasi tersendiri atas sesuatu yang ingin saya capai maka saya akan bergerak dengan cepat dan cenderung berlebihan, kepercayaan diri yang kuat, semangat yang tinggi, giat bekerja sampai tujuan itu tercapai. Saya diibaratkan seperti mempunyai dua kepribadian yang berbeda. Yang satu adalah kepribadian yang lamban dan yang satu lagi adalah kepribadian yang kuat, namun itu bukan menandakan saya memiliki kepribadian yang ganda. Saya adalah seorang manusia yang hanya mengejar sesuatu yang saya inginkan dan sukai tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.

Saya adalah seorang pemalas. Saya adalah seorang yang suka menunda-nunda pekerjaan, saya mempunyai kaki dan tangan yang lemas dan lambat, saya senang tidur, saya mempunyai psikomotrik dan energi yang rendah, saya sulit digerakkan dan diperintah, saya kurang suka melaksanakan sesuatu secara mendetail, asalkan selesai sudah cukup puas bagi saya dan saya juga kurang suka kesempurnaan. Saya adalah seorang yang lembut dan juga penyayang. Saya tidak suka menyindir orang lain, saya tidak suka marah, saya terkesan sebagai pengikut karena saya malas berpendapat apa-apa. Saya adalah orang yang mudah menyerah dan cenderung akan mundur dari segala macam situasi. Seluruh rincian sifat pemalas ini adalah merupakan sifat dari saya ketika saya kurang memiliki minat terhadap sesuatu yang saya kerjakan. Saya tidak akan mengeluarkan energi yang berlebihan. Saya akan menjadi seseorang yang pemalas. Sungguh sangat ekstrim. Saya adalah seseorang yang tidak mudah dipaksa oleh orang lain. Jika sesuatu hal yang bukan merupakan hitungan kemauan saya maka segala sesuatu akan saya kerjakan dengan malas. Saya mempunyai satu sisi yang lemah dalam kehidupan seperti itu.

Namun, saya juga adalah seseorang yang rajin. Saya bergerak sangat cepat dalam menyelesaikan sesuatu yang mungkin tidak dapat dikerjakan oleh orang lain. Saya mempunyai kemauan baja yang sangat keras. Saya bertekad untuk mendapatkan sesuatu sampai terwujud walaupun seberat apapun tantangan itu. Saya mengerjakannya dengan sangat berlebihan. Saya sangat termovitasi dan motivasi itu tidak akan pudar. Saya mengejar terus menerus keinginan itu tanpa menghiraukan pendapat orang lain. Saya tampak keras dan kuat. Saya tidak akan membiarkan diri saya lengah. Saya tidak akan mudah menyerah dan terus mempertahankannya. Saya tampak rajin tanpa mengenal waktu dan tempat. Saya tidak suka istirahat. Saya tidak mengenal lelah. Seluruh rincian sifat rajin ini adalah merupakan sifat dari saya ketika saya memiliki minat terhadap sesuatu yang saya kerjakan. Saya akan mengeluarkan energi yang sangat berlebihan. Saya akan menjadi seseorang yang rajin. Sungguh sangat ekstrim. Saya akan mengejar sesuatu yang saya inginkan walaupun sampai ujung dunia. Saya mempunyai satu sisi yang keras dalam kehidupan ini.

Oleh sebab itu, saya menamakan diri saya adalah seorang pemalas yang rajin atau seorang pengrajin yang malas. Segala hal itu tergantung oleh kemauan, niat dan kegemaran. Jika tidak ada kemauan itu, maka saya dikenal sebagai seorang yang malas dan jika saya mempunyai kemauan itu, maka saya adalah seorang yang rajin. Itu sebabnya sampai saat ini saya tergolong manusia yang mempunyai kesuksesan sendiri, karena saya masih mempunyai kemauan, yaitu kemauan baja, namun tidak mudah untuk mendapatkan kemauan itu bagi saya tetapi gampang.

Kekerasan, kealotan, kekasaran adalah lapisan-lapisan luar kepribadian seseorang manusia. Galilah diri anda lebih dalam lagi, dan anda akan menemukan kelembutan dan kasih sayang

Tidak ada orang yang malas, apa yang tampaknya seperti orang malas mungkin hanya seorang yang kurang beruntung, yang belum menemukan pekerjaan yang paling cocok bagi dirinya




Tidak ada komentar: