Home

Selasa, 13 Oktober 2009

Berubah 72 Wujud



Hanya sebuah perumpamaan saja bisa berubah menjadi 8 wujud, 16 wujud maupun 72 wujud. Saya tetaplah memiliki satu wujud. Satu wujud yang terdiri dari jiwa dan raga. 2 menjadi satu, bukanlah 72 menjadi satu. Perwujudan ini juga tidak ada kaitannya dengan alam yang bukan berada di bumi. Perumpamaan ini hanya dijadikan sebagai sebuah nama bagi sebagian manusia yang suka berubah-ubah, bukanlah wujud namun lebih condong ke sifat. Bukan juga memiliki 72 sifat. Sifatnya tetap satu yaitu sifat yang seperti sesesuatu yang memiliki 72 wujud.


Saya dilahirkan bertepatan pada penanggalan cina dengan shio monyet kayu pada saat itu. Shio monyet menandakan kelahiran tersebut memiliki sifat yang agak mirip dengan sifat hewan tersebut. Monyet memiliki sifat yang licik, tidak bisa diam, mudah berubah, pandai, mudah diahlikan dan cenderung keras kepala. Saya memiliki sifat seperti itu namun bukan berarti sifat saya persis seperti monyet. Ingatlah, hanya sebuah perumpaan.


Sejak dahulu saya tidak memiliki kegemaran yang pasti dan selalu berubah-ubah, contohnya olahraga. Saya pernah memiliki beberapa kegemaran terhadap beberapa olahraga dari zaman ke zamanya. Selalu berubah-ubah, muncul dan berlalu berlalu dengan sendirinya, seperti kegemaran terhadap bulu tangkis, basket, lari, berenang, sepak bola, dsb. Tidak konsisten. Pada suatu masa tertentu, saya dapat bermain bola basket secara terus menerus dan akan berhenti pada masa tertentu dan tidak dapat diperkirakan begitu saja begitu juga olaharga yang lainnya. Contoh lain pada dunia kesenian. Saya pernah menekuni seni musik seperti bermain piano, gitar, drum, dsb. Dalam dunia tari saya juga tidak kalah hebat, saya bisa menari tarian tradisional, modern dance dan saya pernah memenangkan beberapa perlombaan nasional. Begitu juga dunia seni lukis, saya pernah kursus melukis sampai beberapa tahun sampai saya benar-benar dapat melukis indah. Bagaimana dengan dunia bisnis, pendidikan maupun kesehatan ? Semua pernah saya lakoni. Dalam dunia pendidikan, saya pernah menekuni beberapa bahasa, seperti bahasa mandarin, bahasa jepang dan sampai saya pernah belajar bahasa Thailand. Sampai saat ini saya telah pernah memasuki 7 universitas di seluruh Indonesia. Dalam dunia bisnis, saya pernah menjadi salesman, menjual alat-alat listrik atau bangunan. Saya pernah menjadi seorang penjual handal dalam bidang MLM dan kemudian saya tinggalkan karena tidak memiliki motivasi lagi. Dan yang terakhir adalah di bidang kesehatan, saya menekuni dunia psikologi, akupunktur, obat-obatan tradisional, refleksi kaki dan terakhir pijat pengobatan penyakit. Semua ini terbentuk karena saya mudah tertarik terhadap segala sesuatu. Tidak statis.

Ketika berhubungan dengan urusan perut, saya juga tidak mempunyai satu kesukaan yang konsisten. Dalam beberapa saat, saya dapat mengkomumsi satu jenis makanan secara terus menerus dalam waktu tertentu dan kemudian akan diganti dengan makanan lainnya, seperti buah timun, buah tomat atau telur ayam. Sebuah perumpaan yang lebih jelas yaitu jika saya memilih untuk menyukai buah timun maka setiap makanan yang saya pilih adalah buah timun begitu dengan yang lainnya dan akan berganti atau berubah tanpa perencanaan terlebih dahulu. Saya pernah menyukai beberapa makanan dalam beberapa waktu, seperti buah timun, buah tomat, telur ayam, vegetarian, daging kambing, kerang dan buah papaya, namun untuk saat ini semua makanan ini seperti haram bagi saya. Saya tidak menyukai makanan seperti ini lagi sama sekali, namun saya tidak mengetahui apakah hal ini akan bertahan lama atau tidak karena saya mudah berubah keinginannya.


Begitu juga sifat dan perilaku saya dapat berubah-ubah sendirinya dan tampaknya cenderung berlebihan. Terkadang saya dapat berperilaku seperti anak yang manis di rumah, hanya bermain game dan tidak suka bergabung bersama teman kecuali hari-hari tertentu namun kadang-kadang saya sangat tidak betah di rumah. Saya pernah selama 3 bulan berturut-turut setiap hari hanya di rumah dan saya pernah juga jarang di rumah kecuali tidur. Saya juga pernah berpenampilan seperti anak punk dan anak metal dalam beberapa masa dengan segala atributnya yang super lengkap dan sekarang telah saya campakan tidak tahu dimana keberadaannya.

Memang saya memiliki sifat yang sulit ditentukan karena mungkin pola asuh keluarga saya yang membentuk saya seperti itu atau memang sifat dasar saya yang sulit diatur sehingga saya cenderung berbuat apa saja tanpa mendengarkan orang lain. Saya memang sulit ditekan oleh orang lain karena apa yang sedang saya inginkan itu harus saya wujudkan walaupun itu tampak konsisten ataupun tidak. Saya bisa berbuat apa saja dan bisa juga tidak berbuat apapun semua tergantung oleh keinginan saya. Saya juga tidak bisa memastikan apa penyebab atau motivasi dari segala tindak tanduk saya yang sebenar-benanya.


Semua pasti berubah, tidak ada yang statis dalam hidupku, seperti sifat monyet, beranaka ragam, berwarna-warni, berpindah-pindah, mencoba-coba dan mengalir seperti air. Kadang-kadang menyukai ombak dan kadang-kadang juga menyukai air tenang. Tidak ada yang kekal.


Jika anda dalam keadaan sulit, ingatlah bahwa segala sesuatu tidaklah kekal adanya termasuk kesulitan itu sendiri. Dengan ingat kebenaran akan kehidupan yang tidak kekal, anda akan mampu membebaskan diri dari kesulitan yang ada tanpa membuat kesulitan baru.


Bagaimana menolong diri sendiri sewaktu dalam masalah ? hendaknya seseorang membangun renungan ini, segala sesuatu yang mucul, berkembang, bertahan, dan akhirnya berlalu, buat apa takut dan bersedih ?

Tidak ada komentar: